Pranata Kesehatan Swedia, Sabtu (26/12), mengucapkan varian baru virus corona dari Inggris ditemukan di Swedia. Varian tersebut ditemukan setelah seorang pengikut dari Inggris jatuh sakit serta dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Reuters, mengutip penguasa Badan Kesehatan, Sara Byfors, mengadukan pasien tersebut telah diisolasi serta sejauh ini tidak ada kasus positif lebih lanjut yang terdeteksi.

Dokter pengendalian infeksi regional, Signe Makitalo, mengatakan penderita tak dikenal itu tinggal dalam Sormland, selatan Stockholm. Varian baru Covid-19 dianggap lebih menular daripada yang telah menyebar selama ini.

“Orang yang dites positif terkena virus melakukan perjalanan ke Sormland dari Inggris untuk berkunjung selama Natal, ” prawacana Makitalo, menambahkan bahwa risiko penularan lebih lanjut dari kasus itu dianggap sangat terbatas.

Swedia memberlakukan pembatasan perjalanan kausa bulan ini pada penumpang dibanding Inggris di tengah kekhawatiran atas varian tersebut. Tindakan serupa sudah diambil oleh beberapa negara asing di Uni Eropa dan di seluruh dunia.