Saat ditemui di daerah depan pantai di luar kota Longgar Angeles, sejumlah warga negara periode California mengutarakan pendapatnya kepada kantor berita Reuters. Di antara itu ada yang masih penasaran mau menunggu dan melihat bagaimana hasil jangka panjang terhadap penerima vaksin, ada yang menolak dan tersedia pula yang mengatakan dengan benar bahwa mereka mau mendapat suntikan vaksin itu.

Lupa satunya adalah Bob Earl, seorang penduduk kota Long Beach yang tidak jauh dari Los Angeles.

Bob dengan berusia 33 tahun, mengatakan seandainya vaksin tersebut sudah menjalani ulangan dan terbukti aman dan efektif, maka ia pasti akan menerimanya. Iapun akan merekomendasi kepada orang lain agar juga mendapat vaksin tersebut.

Namun, beda halnya dengan Oscar Ramos dengan juga tinggal di daerah Long Beach. Pria berusia 26 tahun ini justru lebih berhati-hati buat menerima vaksin yang baru diproduksi tersebut.

Oscar mengatakan bahwa ia baru akan menyambut vaksin tersebut setelah ada bertambah banyak data yang tersedia. Dia mengetahui bahwa saat ini masih pada tahap awal dan baik tingkat kemanjurannya sudah mencapai 90 persen, kita masih belum tahu efeknya dalam jangka panjang. Maka, ia masih ingin melihat perkembanganya lebih lanjut sebelum menerima vaksin dalam bentuk apapun.

Sementara itu, Brad Baughman sebanding sekali tidak tertarik, warga Huntington Beach berusia 53 tahun itu mengatakan bahwa ia merasa tersebut hanyalah usaha dari pemerintah buat mendapatkan uang. Brad menolak untuk divaksinasi walau ia memiliki iklim kesehatan yang dapat membuatnya bertambah rentan terhadap virus corona.

Brad mengutarakan setelah melihat data-data dari Induk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( Centers for Disease Control and Prevention /CDC), mereka yang berusia antara 1 sampai 50 tahun memiliki peluang sehat sebesar 99, 8 persen sejak virus ini. Jadi, menurutnya ini hanyalah sebuah cara bagi negeri untuk memajukan sejumlah perusahaan farmasi besar dan mengambil keuntungan dari kita.

Para penguasa yang berwenang mengatakan kepada jalan bahwa pemerintah negara bagian setempat telah siap untuk mulai pembagian vaksin tersebut dalam waktu 24 jam setelah mendapat izin resmi dari pemerintah. Mereka menambahkan kalau persyaratan penyimpanan dengan pendingin tak akan menghambat warga Amerika buat dapat mengakses vaksin tersebut. [aa/lt]