KTT G20 tahun 2020 dimulai secara resmi pada keadaan Sabtu (21/11) ketika Raja Salman menyampaikan berbagai masalah utama dengan dihadapi masyarakat internasional setelah pandemi Covid-19 global.

Kepala Saudi itu menyatakan tugas setiap negara adalah membangun masa depan yang lebih baik bagi anak buah dan terus mengupayakan vaksin dan obat-obatan dengan tepat waktu untuk Covid-19. Raja Salman menyatakan negeri2 G20 harus tetap mendukung perekonomian dunia, termasuk perdagangan dan pergeseran masyarakat. Ia menambahkan semua bagian harus memberi anak-anak muda kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih tertib dengan pendidikan yang sepenuhnya.

Media pemberitaan Saudi mengadukan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada pidatonya yang tidak disiarkan secara langsung di TV Saudi sudah menyerukan agar “vaksin virus corona tersedia bagi semua masyarakat. ” Putin menekankan “Covid-19 telah memusingkan ekonomi dunia akibat krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya yang menimbulkan kelaparan di beberapa periode dunia serta meningkatkan jumlah pengangguran dan kemiskinan, yang merupakan kerawanan terbesar bagi umat manusia, era ini. ”

Di luar kebiasaan, TV Al Arabiya milik pemerintah Saudi menyiarkan pidato pembukaan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dalam cara Inggris.

“Ini adalah tahun yang belum pernah terjadi sebelumnya; pergolakan terbesar yang dihadapi dalam hidup. Sayangnya, keadaan tak mengizinkan kita bertemu di Arab Saudi. Hanya dengan bekerja pas dan bahu-membahu maka kita hendak mengalahkan virus corona dan balik bangkit serta menjadi lebih cantik dari krisis ini. ”

Presiden AS Donald Trump, Minggu (22/11) berfokus pada perkara lainnya sekaligus mempertahankan keputusannya menjadikan AS keluar dari perjanjian iklim Paris yang dinilai “sepihak”.

“Di bawah pemerintahan saya, pengelolaan lingkungan merupakan sebuah urusan penting. Selama empat tahun final, kami mengambil beberapa langkah luar biasa untuk memastikan Amerika Serikat menghirup udara terbersih dan tirta terbersih di planet ini.

Trump menambahkan penarikan Amerika Serikat dari perjanjian iklim Paris yang ia pandang “tidak setimbal dan sepihak” adalah untuk menangani para pekerja Amerika.

G20 awalnya dimulai sebagai konvensi para menteri luar negeri & tidak dianggap penting hingga terjadinya krisis keuangan tahun 2008, namun sekarang KTT itu kemudian tumbuh menjadi lebih signifikan. [mg/lt]