Para pejabat di Turki menyatakan sedikitnya empat orang tewas di Izmir, provinsi di bagian barat, setelah gempa bumi berpengaruh yang melanda hari Jumat dalam pesisir Turki dan pulau Samos, Yunani.

Dari akun Twitternya, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca melaporkan bahwa empat karakter tewas di Izmir dan 120 lainnya cedera. Ia mengatakan 38 ambulans, dua helikopter ambulans dan 35 tim penyelamat medis menyala di provinsi itu

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania menyatakan gempa itu semula berkekuatan 6, 9 dengan episentrum yang terletak 13 kilometer di sebelah utara-timur laut Samos dan 32 kilometer di lepas pantai Turki. Survei Geologi AS menyebut gempa itu berkekuatan 7. 0. Merupakan hal umum bagi perkiraan awal kekuatan gempa berbeda beberapa waktu setelah gempa. Beberapa gempa susulan mengguncang negeri itu.


Gambar sejak drone menunjukkan orang-orang melakukan pekerjaan korban di sebuah bangunan yang runtuh setelah gempa bumi yang kuat melanda Laut Aegea yang meruntuhkan sejumlah bangunan di provinsi pesisir Izmir, Turki, 30 Oktober 2020.

Kantor berita resmi Turki Anadolu menyebutkan tiga orang yang cedera berhasil dikeluarkan sebab reruntuhan gedung di Izmir. Wali Kota Izmir Tunc Soyer mengutarakan kepada CNN Turki bahwa kira-kira 20 bangunan ambruk. Kota terbesar ketiga di Turki itu berpenduduk sekitar 3, 5 juta orang.

Menteri dalam negeri Turki menyatakan ada sejumlah retakan di beberapa bangunan di enam provinsi lainnya.

Sebesar kerusakan juga terjadi pada bangunan-bangunan dan jalan-jalan di Samos, tanah di bagian timur Laut Aegea. Direktur rumah sakit di Samos mengatakan empat orang dirawat sebab cedera ringan.

Televisi pemerintah Yunani menyatakan gempa itu juga menyebabkan minitsunami di Samos, merusak bangunan-bangunan. Rekaman video lantaran lokasi kejadian memperlihatkan kapal-kapal terbawah arus memasuki jalan-jalan kota.

Laporan media menyebutkan gempa itu juga dirasakan hingga pada Inggris dan Bulgaria. [uh/ab]