Jerman Minta UE Tetapkan Sanksi Kepada Presiden Belarus

Jerman menyerukan Uni Eropa agar menetapkan sanksi-sanksi terhadap Presiden Belarus Alexander Lukashenko.

Berbicara kepada wartawan menjelang pertemuan menteri-menteri sungguh negeri Uni Eropa di Luxemburg, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan bahwa kekerasan segar terhadap demonstran di Minsk tak dapat diabaikan.

“Kekerasan berlanjut, dilakukan oleh rezim Lukashenko. Masih ada penangkapan para demonstran damai, jadi kita harus mempertimbangkan langkah selanjutnya, ” kata Maas, yang negaranya sedang mendapat giliran menjabat presiden Uni Eropa.

“Saya telah mengusulkan supaya kita menetapkan satu paket sanksi baru. Dan Lukashenko termasuk di antara orang-orang yang kemudian akan dikenai sanksi, ” kata Maas.

Uni Eropa telah menetapkan larangan perjalanan dan pembekuan aktiva terhadap 40 sekutu Lukashenko, tetapi menahan diri untuk tidak meluluskan Lukashenko ke dalam daftar itu.

Puluhan demonstran pada Belarus ditangkap hari Minggu dalam demonstrasi akhir pekan ke-10 berturut-turut menentang Lukashenko.

Semenjak presiden Belarus itu mengklaim kemajuan dalam pemilu 9 Agustus yang disengketakan, para demonstran kerap mendarat ke jalan-jalan untuk menuntut pengunduran dirinya dan pembebasan tahanan kebijakan.

Rekaman video dibanding demonstrasi terbaru menunjukkan pasukan ketenangan menggunakan meriam air dan kayu pemukul tongkat pemukul untuk membubarkan massa. Polisi Minsk menyatakan telah menahan “beberapa puluh” orang. Bentrokan itu menyusul pertemuan antara Lukashenko dan para majikan oposisi yang dipenjarakan pada hari Sabtu.

“Sasaran kepala adalah mendengar pendapat semua orang, ” sebut kantornya mengenai lawatan itu.

Kandidat pati oposisi dalam pemilu itu, Sviatlana Tsikhanouskaya, kini berada di Lithuania setelah melarikan diri dari Belarus demi keselamatan dirinya.

Lukashenko bersikukuh ia menang besar dalam pemilu itu – meraih 80 persen suara – sekalipun ada klaim luas di pada dan di luar negeri kalau pemilu itu telah dicurangi untuk membuatnya tetap berkuasa. Ia telah menjabat presiden selama 26 tarikh. [uh/ab]

depresseddingof9e640ac

https://urlking.info