Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin, Selasa (1/9), mengatakan putaran kedua bantuan besar-besaran untuk mengatasi dampak ekonomi dari pandemi virus corona “masih diperlukan”, meskipun ekonomi AS menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Mnuchin menyampaikan kesaksian ketika pembicaraan untuk bantuan putaran kedua masih macet di Kongres sejak bantuan langsung tunai senilai $600 per minggu dalam bentuk tunjangan pengangguran federal untuk jutaan orang Amerika yang tidak bekerja berakhir pada akhir Juli.

Anggota Kongres dari Partai Demokrat telah mengusulkan perpanjangan tunjangan tersebut, sementara Partai Republik mengajukan proposal yang akan membatasi tunjangan sebesar 70 persen dari penghasilan pekerja. Jumlah keseluruhan untuk putaran baru bantuan itu juga telah memecah anggota Kongres. Partai Demokrat mengusulkan bantuan sebanyak $3 triliun, sementara Partai Republik meminta paket $1 triliun.

Partai Republik dan Partai Demokrat berbeda pendapat mengenai seberapa cepat warga Amerika harus kembali bekerja sambil menyeimbangkan masalah kesehatan, serta penentu untuk mengukur pemulihan ekonomi AS.

“Kita masih sangat jauh dari posisi pada Januari ketika kita mencapai rekor ekonomi,” kata Mnuchin kepada Komite Terpilih DPR untuk virus Corona, Selasa (1/9).

Mnuchin mengatakan penjualan ritel telah meningkat untuk tiga bulan berturut-turut pada Juli, pasar perumahan sudah kembali mendekati level pra-pandemi, dan industri rekreasi dan perhotelan telah menambah 592.000 pekerjaan baru, yang menunjukkan meningkatnya kepercayaan dalam pembukaan kembali ekonomi.

Ia mengatakan jumlah warga Amerika yang menganggur belum mencapai ambang batas 40 juta seperti yang diperkirakan banyak analis sebelumnya. [my/pp]