Penyelenggaraan Forum Ekonomi Dunia ( World Economic Forum/WEF ) di Davos, yang sedianya dijadwalkan pada Januari 2021, ditunda karena pandemi virus corona. Penyelenggara berencana untuk menjadwal ulang forum itu sekitar awal musim panas 2021.

“Para pakar menyarankan, kami tidak dapat menyelenggarakan program itu dengan aman Januari, ” kata WEF dalam sebuah pemberitahuan, Rabu (26/8).

Pertemuan para pemimpin bisnis & politisi di pegunungan Alpen, Swiss yang menjadi tuan rumah itu biasanya dihadiri para kepala negara termasuk Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tersebut diadakan di resor ski Davos sejak 1971.

Setiap tahun WEF yang diselenggarakan sekitar satu minggu di Davos itu, yang tercatat sebagai wadah bergengsi di dunia untuk menimbulkan pertemuan bisnis dan politik mengikuti membahas tantangan globalisasi.

Forum itu mengatakan, keputusan untuk menunda pertemuan tahun ini “tidak diambil dengan mudah, karena hajat sangat mendesak para pemimpin dunia untuk berkumpul guna merancang sabuk pemulihan bersama dan menyusun ‘Rencana Besar’ setelah Covid-19. ”

Sebagai pengganti pertemuan tersebut, imbuh WEF, akan diadakan pembahasan virtual ‘tingkat tinggi’ pada Minggu 25 Januari. WEF akan menyerahkan informasi lebih lanjut mengenai tanggal dan lokasi pertemuan yang terakhir setelah kondisi kesehatan dan keselamatannya terjamin. [ps/ii/ft]