Masa depan Jerry Falwell Jr. di Liberty University, sekolah tinggi evangelis, di Amerika Serikat tidak jelas, Senin (25/8).

Falwell, rektor Liberty University, mengatakan dia tidak berencana untuk mundur dari jabatannya secara permanen. Falwell membantah pernyataan seorang pejabat senior universitas itu yang mengatakan dia sudah mundur dari jabatan sebagai rektor.

Berita tentang pengunduran diri Falwell muncul menyusul berita tentang skandal istrinya yang berhubungan seks dengan seorang mitra bisnis yang lebih muda.

Namun Virginia Business melaporkan Falwell yang sudah “cuti panjang” dari universitas, mengatakan dalam sebuah wawancara telepon dia belum sepakat untuk meninggalkan jabatannya secara permanen atau berencana untuk mundur.

Falwell tidak menjawab telepon dari Associated Press yang hendak minta komentarnya.

Ketidakpastian berkembang sehari setelah Falwell menerbitkan sebuah pernyataan di Washington Examiner yang membeberkan istrinya terlibat dalam skandal. Falwell menambahkan laki-laki yang terlibat telah mengancam akan membuka hubungan itu untuk “sengaja mempermalukan istri dan keluarga saya, dan Liberty University kecuali kalau kami setuju untuk memberi dia sejumlah uang.”

Falwell mengatakan, dia sedang mengusahakan konseling psikologis setelah dihadapkan pada akibat dari skandal itu, dimana dirinya sendiri tidak berperan. [jm/ah]