Pengocok perut Zimbabwe Ejek Pemerintah Lewat Banyolan Satire

Victor Mpofu menggunakan satire untuk menjelaskan urusan politik Zimbabwe. Dengan komedi, ia dapat menjangkau audiens yang tetap bertambah meskipun di sisi lain, Mpofu harus hidup dalam ketakutan akan pembalasan dari pemerintah Pemimpin Emmerson Mnangagwa.

Pejabat berita Reuters melaporkan, saluran Youtube Mpofu, alias Doc Vikela, masa ini memilki follower sebanyak 23 ribu dari sebelumnya hanya 1. 000 orang pada bulan Januari. Ayah dua anak berusia 34 tahun ini termasuk di antara generasi komedian stand-up online yang kritis terhadap pemerintah.

Para kritikus menuduh Mnangagwa sebagai pemimpin dengan otoriter, sama seperti era Robert Mugabe, di tengah krisis ekonomi yang memburuk.

Di komedinya, Mpofu mengambil karakter Mnangagwa dengan syal warna-warni yang khas, terkadang mengejek beberapa keputusan pemimpin.

Kritikus, termasuk majikan gereja dan pengacara, menuduh negeri menggunakan pandemi Covid-19 untuk mengabaikan hak asasi manusia dan menculik serta menyiksa lawan. Tuduhan tersebut dibantah pemerintah.

Mpofu mengatakan bahwa pekerjaan komedi itu sulit “karena Anda takut menghilang, Anda takut diculik. ”

“Anda tidak tahu apakah konten Anda akan menyentuh saraf yang benar atau saraf dengan salah sehingga Anda selalu tumbuh dalam ketakutan, ” katanya.

Dalam satu komedinya, Mpofu berbicara sebagai Mnangagwa, membenarkan penunjukan wakilnya Constantino Chiwenga sebagai menteri kesehatan dengan alasan masuk ke rumah sakit asing adalah sebagai pengalaman yang pantas untuk posisi itu.

Warga Zimbabwe marah dengan kondisi dalam negerinya. Tercatat inflasi mencapai 837, 5 persen, pengangguran di atas 80 persen dan sektor kesehatan terbuka juga ambruk.

“Jadi penting bagi kita untuk menyimpan ini menjadi satire daripada (orang) tenggelam dalam depresi, tenggelam dalam kesedihan, ” kata Mpofu. “Kami memberi mereka humor, terkadang tertawa itu menyenangkan. ” [ah]

depresseddingof9e640ac

https://urlking.info