Menteri Keuangan Kanada Mengundurkan Diri

Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau, Senin (17/8), mengumumkan pengunduran dirinya di tengah memuncaknya ketegangan dengan Perdana Menteri Justin Trudeau mengenai pengeluaran untuk beban pandemi.

“Sementara kita memasuki sebuah tahap baru melawan pandemi, sudah waktunya bagi Menteri Keuangan baru untuk melaksanakan proyek ini, ” kata Morneau di dalam konferensi pers.

“Itulah sebabnya saya mengundurkan diri lantaran tugas-tugas saya sebagai menteri keuangan dan anggota Parlemen, ” tambahnya setelah pertemuan dengan Trudeau.

Morneau yang memegang kedudukan itu sejak 2015 mengumumkan bahwa ia bermaksud mencalonkan diri buat jabatan Sekretaris Jenderal Organisasi Kegiatan Sama Ekonomi dan Pembangunan ( Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD ).

Selama seminggu terakhir, kira-kira media Kanada melaporkan perbedaan intelek antara Morneau dan Trudeau mengenai bagaimana menghidupkan kembali ekonomi Kanada dengan melemah akibat pandemi virus corona, tanpa membahayakan keuangan publik, sementara defisit diperkirakan telah mencapai bertambah dari 340 miliar dolar.

Menteri Keuangan itu selalu menjadi sasaran penyelidikan oleh Persen Etika Kanada, terkait badan zakat yang mempekerjakan putrinya. Pemerintah menyerahkan kontrak besar kepadanya tanpa tersedia tender atau penawaran lain. Analisis itu juga menarget Trudeau, beberapa anggota keluarganya yang juga sudah dibayar oleh badan amal tersebut. [ps/ft]

depresseddingof9e640ac

https://urlking.info