American Airlines berencana menghentikan penerbangan ke sekitar 30 kota kecil pada Amerika setelah persyaratan federal buat melanjutkan penerbangan berakhir pada simpulan bulan depan. Demikian menurut seorang pejabat maskapai hari Kamis (13/8).

Maskapai American Airlines setuju untuk tetap melayani kota-kota kecil itu sebagai syarat memiliki $5, 8 miliar bantuan federal untuk gaji karyawan musim tunas lalu. Namun, uang dan persyaratan untuk melayani rute ke kota-kota kecil tersebut akan berakhir dalam 30 September mendatang kecuali diperpanjang.

Langkah maskapai American Airlines itu dapat menambah lagu lebih besar pada Kongres dan Gedung Putih agar memberi kongsi penerbangan tambahan $25 miliar untuk biaya tenaga kerja.

Serikat buruh industri penerbangan dan maskapai-maskapai penerbangan, yang menderita akibat penurunan tajam pendapatan karena pandemi mengurangi perjalanan udara dengan pandai, dan kini melobi Kongres untuk mendapatkan dana itu.

Para pejabat American Airlines tak merinci kota-kota mana yang bisa kehilangan layanan, tetapi perubahan tersebut bisa muncul dalam jadwal memutar cepat minggu depan.

Presiden Amerika Donald Trump berbahasa positif tentang upaya membantu maskapai penerbangan ketika ditanya tentang masalah itu dalam konferensi pers minggu lalu.

Dia mengatakan, “Jelas bisnis penerbangan tidak berlaku dengan baik. ” “Saya jelas akan mendukung. Kita tidak mampu kehilangan sistem transportasi kita, ” tambahnya. [lt/ii]