Para pemimpin 27 negara Uni Eropa, Jumat (17/7), akan menjadikan pertemuan tatap muka untuk menetapkan anggaran jangka panjang baru, & menggalang dana pemulihan Covid-19, yang nilai totalnya mencapai 2, satu triliun dolar.

Pertemuan itu akan menjadi pertemuan tatap muka pertama sejak Februari, dan berlangsung sewaktu bahaya wabah corona masih belum menyusut.

Sejumlah pemimpin Eropa menganggap pertemuan tatap muka di Brussels tersebut penting setelah lima pertemuan daring sebelumnya gagal menyepakati anggaran Bon Eropa selama tujuh tahun ke depan sebesar 1, 25 trili un dolar dan dana perbaikan Covid-19 sebesar 0, 83 triliun dolar.


Johannes Hahn. (Foto: dok).

Untuk mengambil keputusan menyangkut dana sebesar itu, introduksi Johannes Hahn, Komisioner Uni Eropa untuk urusan anggaran, “para atasan Eropa, yakni perdana menteri dan kepala negara, perlu bertemu langsung. ”

“Suasananya hendak berbeda, ” kata Menteri Jerman untuk Urusan Eropa Michael Roth. “Saya bukan psikolog, tapi kami bisa katakan pertemuan tatap depan langsung lebih melancarkan komunikasi. ”

Presiden Perancis Emmanuel Macron dikabarkan akan berada dalam Brussels mulai Kamis malam (16/7), sementara Kanselir Jerman baru bakal tiba Jumat pagi (17/7), pra KTT secara resmi dibuka.

Sejumlah pejabat Eoopa memastikan social distancing akan diberlakukan semasa pertemuan itu. Karena alasan itu pula foto bersama tidak akan dilangsungkan pada KTT kali tersebut. [ab/uh]