Dirjen WTO Umumkan Letakkan Jabatan Bertambah Awal

Dirjen Pola Perdagangan Internasional (WTO) Roberto Azevêdo akan meletakkan jabatan mulai 31 Agustus mendatang, satu tahun pra masa jabatannya berakhir. Azevêdo menyingkirkan pengumuman itu pada pertemuan virtual dengan para duta besar WTO.

Ia menyebut pengunduran diri sebagai pemimpin badan perniagaan dunia yang bermarkas di Jenewa di tengah masa jabatan dengan belum pernah terjadi sebelumnya, sebagai “keputusan pribadi” yang tidak “ia anggap enteng. ”

“Kesimpulan saya adalah, semakin cepat saya membuat Anda melangsungkan proses seleksi, semakin baik juga kita, ” kata Azevedo. Menurutnya, organisasi itu harus memberi zaman yang cukup bagi penggantinya untuk bersama-sama merencanakan Konferensi Tingkat Menteri ke-12 WTO, maupun menyesuaikan konferensi tersebut dengan rencana masa aliran WTO.

“Ini tidak tugas kecil. Ini memerlukan pertambangan hati-hati, dan cukup waktu untuk memajukan diskusi semacam itu. Semakin cepat dirjen baru itu menjabat, akan semakin baik, ” lanjutnya.

Azevêdo, seorang mantan diplomat Brazil, dalam beberapa tarikh belakangan ini mendapat tekanan berpengaruh dari pemerintahan AS, yang mendakwa WTO memiliki bias anti-AS dan membiarkan China menggunakan praktik-praktik dagang yang curang. [uh/ab]

depresseddingof9e640ac

https://urlking.info